Manajemen
FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK REKLAME DI KABUPATEN GOWA
ABSTRAK
Adnan Faqih, 2022. “ Faktor-faktor Pendorong Kepatuhan Wajib Pajak
Dalam Membayar Pajak Reklame di Kabupaten Gowa”. Skripsi Program
Studi Manajemen, STIE-Indonesia Maksaar. (Dibimbing oleh Pembimbing I
Resmi, S.E., M.M dan Pembimbing II Randy Mauna Noor, S.E., M.M)
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor pendorong kepatuhan
wajib pajak dalam membayar pajak reklame di Kabupaten Gowa. Metode analisis
yang digunakan adalah metode Kualitatif yang memecahkan masalah dengan
berdasarkan landasan teori sebagai pemandu dalam menyelesaikan permasalahan.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian kali ini yaitu
bersumber dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,
Badan Pusat Statistik, Kepustakaan dan Wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, sosialisasi
perpajakan, sanksi perpajakan dan pengetahuan perpajakan berpengaruh positif
dan signifikan dalam kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak reklame di
kabupaten Gowa. Dengan demikian dapat disimpulkan wajib pajak reklame di
kabupaten Gowa menganggap adanya kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, sanksi perpajakan dan pengetahuan perpajakan dapat meningkatkan
kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak di kabupaten Gowa Kata Kunci: Kepatuhan Wajib pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan
Tidak ada salinan data